اَلدَّرْسُ الرَّابِعُ اَلْمُطَا لَعَتُ الْأُوْلىَ نَشْأَةُ عِلْمِ اْلاِقْتِصَادِ الْإِسْلاَمِ

اَلدَّرْسُ الرَّابِعُ
اَلْمُطَا لَعَتُ الْأُوْلىَ 
نَشْأَةُ عِلْمِ اْلاِقْتِصَادِ الْإِسْلاَمِ

مِنَ الْمُقَرَّرِ أَنَّ الْإِسْلَامَ نَظْمَ حَيَاةِ اَلْأفْرَادَ بِمَا يُحَقِّقُ لَهُمْ مُهِمَّةُ اَلْاِسْتِخْلَافِ, وَعُبُوْدِيَّةُ اللِه عَزَّ
 وَجَلَّ فِيْ اْلَأرْضِ وَلَمْ يَدْعُ مَجَالًا مِنْ مَجَا لَاتٍ اَلْحَيَاةِ إِلَّا وَبَيَّنَ ماَ يَحْتَاجُهُ اْلِإنْسَانُ مِنْ أَحْكَامِ 
وَتَصَوُّرَاتٍ تَحَقَّقَ الْكَثِيْرُ مِنَ المْصَالِحِ اَلُّدُ نْيَوِيَةِ وَاْلَأخْرَوِيَةِ . وَمِنْ ذَلِكَ تَنْظِيْمُ اِحْتِيَاجُ النَّاسِ 
لِكَسْبِ  الْمَالِ وَتَوْفِيْرِ اَلْاِحْتِيَاجَاتِ اَلْحَيَاتِيَّةِ الْخَاصَّهِ بِهِمْ .
وَقَدْ كَانَتْ حَيَاةُ النَّبِّيِ_صلى الله عليه وسلم _هِيَ النَّمُوْذَجُ اَلْأَمْثَلُ لِتَطْبِيْقِ هَذَا اَلتَّشْرِيْعِ  
اَلْاِقْتِصَادِيْ وَكَذَلِكَ حَيَا ةُ اَلْحُلَفَاءُ الرَّاشِدِيْنَ إِلَّا أَنَّ اَلْحَيَاةَ وَالْمُشْكِلَاتِ اَلْاِقْتِصَادِيَّةِ 
فِيْ الَصَّدْرِ اْلأَوَّلِ كَانَتْ مَحْدُوْدَةٌ لِأَمْرَيْنَ:
فَقْرِ اَلْبَيْئَةِ وَتَوَاضَعِ اَلْأِنْشِطَةِ اَلْاِقْتِصَادِيَّةِ ( كَالَّرِ عِي وَالتِّجَارَةِ الْمَحْدُوْدَةِ_وَالِّزرَاعَةِ

 اْلقَلِيْلَةِ....)

قُوَّةَ اَلْوَازعِ اَلّدِيْنِيِّ فِيْ اَلنُّفُوْسِ فَلَاتَجِدُ غِشًّا وَلَا تَدْلِيْسًا وَلَاغُبْنًا وَلَا اِحْتِكاَرًا. وَلَكِنْ 

مَعْ تَوَسُعِ اَلْمُعَامَلَاتِ بَيْنَ اَلنَّاسِ وَازْدِهَارِ اَلتِّجَارَةِ وَالصَّنَاعَةِ, وَانْفِتَاحِ اَلْمُجْتَمَعَاتِ 

وَالَّدوْلِ عَلَى بَعْضِهَا اَلْبَعْضَ, وَضَعْفِ اَلْوَزَاعِ اَلديْنِيِّ وَاْلِإيْمِانِ بِااللهِ, وَظُهُوْرِ الْحِيَلِ 

وَالْخَدِيْعَةِ فِي مُعَامَلَاتُ اَلنَّاسِ, اِسْتَجَدْتُ قَضَا َيا اِقْتِصَادِيَّةٍ تَخْتَلِفَ تَمَاماً عَمَّا عَاشَهُ 

سَلَفُ اْلأُمَّةِ, كَالشِّرْكَاتِ اَلْحَدِيْثَةِ وَبُيُوْعِ اَلْأَسْهَمِ وَالْبُوْرُصَاتِ وَالْمُعَامَلَاتِ اَلمْصْرِفِيَّةِ 

وَغَيْرِهَا, إِضَافَةً إِلَى الْحَاجَةِ لِضَبْطِ مُعَامَلَاتِ اَلنَّاسِ وَعُقُوْدِهِمْ لِكَيْ لَاتَفْضِي إِلَى التَّرَاعِ

 وَالْخَلَافِ , مِمَّا أَذَا إِلَى اهْتِمَامِ الْعُلَمَاءِ بِدَرَاسَةِ هَذَا اْلعِلْمِ وَبَحْثِ قَضَايَاهُ وَمُعَالَجَةٍ

 مُشِكِلَاِتهِ.

Pelajaran yang nomor empat

Pertumbuhan Ilmu Perekonomian Islam
Dari ketentuan bahwasannya islam adalah susunan kehidupan personalia yang menjelaskan tujuan perbedaan. Dengan menyembah Allah di bumi dan tidak mengajak secara langsung suatu realita hidup kecuali manusia menjelaskan kebutuhannya dari beberapa hokum dan gambaran-gambaran yang menjelaskan kemashlahatan dunia dan akhirat. Serta untuk menyusun kebutuhan manusia dalam bekerja dalam menyempurnakan kebutuhan kehidupan mereka.
 Sesungguhnya kehidupan Nabi SAW merupakan contoh untuk menyesuaikan syariat ekonomi begitu juga dengan kehidupan Khulafaur Rosyidin. Dan kehidupan yang tidak jelas pada permulaan di tentukan dua perkara 
1. Keadaan yang menimpa dalam permasalahan perekonomian diantaranya perdagangan yang di batasi dan sedikitnya pertanian
2. Kuatnya tameng agama dalam jiwa manusia maka tidak ditemukan tipu daya , penipuan, kerugian dan penimbunan. Tetapi luasnya hubungan di antara manusia dan kemakmuran dalam perdagangan dan pekerjaan mereka membuka pergantian pemimpin, lemahnya tameng agama serta iman kepada Allah menimbulkan tipu daya, penipuan dalam hubungan manusia. Ketentuan-ketentuan ekonomi ditemukan dari kesempurnaan kehidupan orang terdahulu. Seperti pembaharuan investasi, penjualan saham, pasar barang dan hubungan export inport dan lain-lain. Dan bersandar pada kebutuhan untuk memenuhi aktivitas manusia supaya kontrak tidak terputus dari adanya perbedaan. Dan perkara yang menyusahkan ulama’ pada pembelajaran ilmu dan pembahasan dalam memutuskan masalah yang sulit. 

Belum ada Komentar untuk "اَلدَّرْسُ الرَّابِعُ اَلْمُطَا لَعَتُ الْأُوْلىَ نَشْأَةُ عِلْمِ اْلاِقْتِصَادِ الْإِسْلاَمِ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel