CONTOH LAPORAN INDIVIDU PELAKSANAAN MENGAJAR

LAPORAN PELAKSANAAN MENGAJAR
DI MTsN MOJOROTO KEDIRI

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)


Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) :
Dr Ary Setya Budhi Ningrum M .Pd


Disusun Oleh:
AHMAD FAIZIN
9322 060 11

JURUSAN TARBIYAH PRODI TADRIS BAHASA INGGRIS
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2015

HALAMAN PERSETUJUAN

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini telah disetujui oleh guru pamong pada:
Hari    : Sabtu
Tanggal  : 28 Februari 2015



Kediri, 28 Februari 2015

Mengetahui,
Kepala MTsN Mojoroto


Drs.SUGENG SUPRIONO
NIP. 196701081994031002
  Guru Pamong,

MUJIANTO,S.Pd 
NIP.196502112005011001  


HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Pelaksanaan Mengajar ini telah disahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada:
Hari    : Sabtu
Tanggal  : 28 Februari 2015


KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmaanirrohiim
  Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan taufiq serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas laporan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL 2) Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Kediri ini yang bertempat di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri ini dapat kami susun meski di dalamnya masih banyak hal yang belum sempurna.
  Laporan pelaksanaan pengalaman lapangan (PPL 2) ini di dalamnya berisi tentang gambaran umum pelaksanaan PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto sebagai syarat untuk terpenuhinya mata kuliah PPL 2 yang merupakan salah satu mata kuliah yang harus di tempuh oleh setiap mahasiswa Jurusan Tarbiyah.
  Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada:
1.Bapak Dr. Nurchamid, MM,  selaku ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri (STAIN) Kediri.
2.Ibu Ary, selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang disela-sela kesibukannya telah rela meluangkan waktu untuk membimbing sehingga terselesaikannya laporan PPL ini.
3.Bapak Drs.Sugeng Supriono, selaku Kepala MTsN Mojoroto Kediri yang turut serta dalam memberikan pengalaman serta bimbingan selama PPL.
4.Bapak Mujianto S.Pd.I, selaku guru pamong kami yang telah rela meluangkan banyak waktu dan tenaganya dalam memberikan bimbingan dan pengarahan selama kami praktik mengajar di kelas.
5.Bapak dan Ibu Guru, karyawan-karyawati MTsN Mojoroto Kediri yang telah membantu kami menyelesaikan tugas.
6.Siswa-siswi yang telah bersedia menjadi anak didik kami, semoga diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, dapat mencapai cita-cita yang kalian harapkan, khususnya semua siswa-siswi Kelas VII, VIII dan IX.
7.Bapak dan Ibu Guru PPL yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini.
8.Semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan ini baik langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
  Kami menyadari, bahwa penulisan laporan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Karena itulah kami berharap kepada semua pihak agar memberikan saran dan kritik demi perbaikan dalam penulisan laporan selanjutnya.
  Akhirnya kami berharap, semoga penyusunan laporan ini berguna dan bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Semoga Allah SWT meridhoi segala apa yang telah kita usahakan. Amin.....


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL      i
HALAMAN PERSETUJUAN    ii
HALAMAN PENGESAHAN    iii
KATA PENGANTAR    iv
DAFTAR ISI    vi
A.PENDAHULUAN    1
B.PELAKSANAAN KEGIATAN    2
C.FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT    5
D.PENGALAMAN –PENGALAMAN LAIN    8
E.PENUTUP    11
F.LAMPIRAN –LAMPIRAN    13
• Silabus
• RPP 
BAB I
PENDAHULUAN

Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL-2) merupakan suatu kegiatan praktek lapangan rutin yang diadakan setiap tahun oleh STAIN Kediri pada fokus Jurusan Tarbiyah, yakni untuk mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester akhir atau semester delapan dan pelaksanaannya ketika liburan semester tujuh. Pada kegiatan PPL-2 ini, penulis mendapat kesempatan untuk mendapatkan pengalaman mengajar MTsN Mojoroto Kediri. 
Pada hari pertama kami mengikuti prosesi penerimaan mahasiswa praktikum bersama bapak masduki selaku waka kurikulum yang pada sambutannya meminta maaf karena bapak sugeng selaku kepala sekolah berhalangan hadir karena masih ada keperluan, dan juga bapak heri selaku kepala TU.

Setelah mengikuti acara penerimaan anggota bersama guru-guru dan karyawan, selanjutnya kami bertemu dengan guru-guru pamong yang bertugas sebagai pemandu untuk pemberitahuan pembagian mata pelajaran sesuai dengan dengan prodi masing-masing. Pada hari selanjutnya kami mulai memasuki kelas dengan jadwal yang sudah dibagi dan mata pelajarannya adalah bahasa arab untuk Prodi TBI.
Karena kebijakan dari kampus menerapkan sistem magang pada kegiatan PPL-2 , maka hal itu mengharuskan mahasiswa berada di madrasah setiap hari walaupun tidak ada jam mengajar, hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang lain selain mengajar dikelas, misalnya menjadi guru piket, mempelajari administrasi sekolah dan lain sebagainya. 
Dengan adanya kegiatan PPL-2 ini, penulis berkesempatan mendapatkan banyak pengalaman ketika harus terjun langsung mengajar dikelas karena selama ini penulis sama sekali belum pernah melaksanakan pembelajaran dengan banyak siswa . Banyak sekali hambatan-hambatan yang penulis hadapi ketika proses pembelajaran berlangsung, namun juga banyak kejadian unik dan menarik yang penulis tidak duga sebelumnya. Hal ini dapat memperkaya wawasan dan pengalaman penulis yang dapat berguna untuk masa mendatang dan sebagai bekal ketika penulis menjadi guru setelah menyelesaikan pendidikan yang telah ditempuh selama ini


BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2 (PPL 2)

A.  Persiapan Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan 
  Pelaksanaan praktek pengalaman lapangan 2 (PPL 2) adalah program pengalaman mengajar di lapangan dengan komponen utamanya berupa latihan-latihan. Latihan-latihan yang di dalamnya terdapat beberapa komponen-komponen.Seluruh komponen itu merupakan ketrampilan yang dapat menunjang bagaimana kita mengajar di dalam kelas. Ketrampilan itu antara lain: 
1.Ketrampilan membuka pelajaran
  Ketrampilan membuka pelajaran ini harus dimiliki oleh setiap pengajar/guru. Ketrampilan membuka pelajaran adalah kegiatan awal yang dilakukan oleh setiap pengajar/guru untuk menyiapkan mental dan menarik perhatian siswa agar terpusat pada materi yang akan di sampaikan guru.
2.Ketrampilan menjelaskan
  “Menjelaskan” adalah menceritakan isi dari materi/ pelajaran yang akan disampaikan guru pada muridnya. Menjelaskan juga dapat dijabarkan memberi informasi secara lisan tentang materi yang akan disampaikan oleh guru.


3.Ketrampilan mengadakan variasi
a.Variasi Gaya mengajar  
  Variasi ini sangatlah penting bagi kegiatan belajar mengajar, variasi gaya mengajar meliputi penggunaan variasi suara, pemutusan perhatian, mengadakan kontak pandang gerakan badan dan mimik, pergantian guru dalam kelas.
b.Variasi penggunaan Media, Bahan ajar serta interaksi dalam kegiatan siswa
  Variasi penggunaan media, bahan ajar berfungsi sebagai perlengkapan dalam proses belajar mengajar, sedangkan variasi interaksi guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membentuk sebuah forum untuk melakukan diskusi.
4.Ketrampilan menutup pelajaran
  Ketrampilan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri proses belajar mengajar. Yang dilakukan guru adalah mengevaluasi pelajaran yang disampaikan untuk mengetahui sejauh mana siswa mengusai materi.
B.Pelaksanaan Kegiatan  PPL 2
  Pelaksanaan kegiatan PPL -2 tahun 2015 berlangsung selama hampir 2 bulan atau 7 minggu  yaitu tanggal 12 Januari sampai tanggal 28 Februari 2015. Selama rentang waktu tersebut, kami satu kelompok melaksanakan banyak berbagai macam kegiatan.
Berikut ini paparan daftar kegiatan yang telah saya laksanakan:

BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENUNJANG

A.SITUASI
  MTsN Mojoroto Kediri ini terletak pada lokasi yang sangat strategis. Madrasah ini masih masuk kelurahan Mojoroto Kediri kota. Meskipun di jalan raya yang penuh dengan bising dan lalu lalang kendaraan, tidak membuat suasana sekolah ini menjadi kurang nyaman. Dan sekolah ini gedungnya terpisah menjadi dua bagian yang pertama gedung 1 yaitu disebelah pemukiman warga dan gedung 2 yang terletak berada di dekat sawah penduduk. Oleh karenanya, situasi kondisi Madrasah ini menjadi nyaman, tenang dan tidak terganggu oleh kendaraan yang berlalu lalang. 


B.PENUNJANG DAN PENGHAMBAT DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM KELAS
  Dalam proses belajar mengajar memang tidak semudah apa yang di bayangkan sebelumnya, karena kita akan dihadapkan dengan berbagai macam karakteristik peserta didik, sebagaimana yang kita ketahui bahwa karakter peserta didik itu ada anak yang pasif dan aktif dalam arti tidak semua bisa mendukung keadaan proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. 
Hambatan yang paling nyata aku alami adalah paradigma siswa terhadap guru-guru PPL. Mereka menganggap diajar guru PPL sama artinya dengan jam kosong. Siswa hanya ingin bersenang-senang saja dan sulit diatur. 
  Hambatan lain yaitu dari sarana sarana yang kurang memadai, seperti ruang kelas yang sempit, jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas, kurangnya fasilitas penunjang untuk 4 skill dalam bahasa inggris dan juga tidak semua kelas dilengkapi LCD.

Kiranya hanya itulah faktor penunjang dan penghambat yang dapat penulis paparkan dalam laporan praktek pengalaman lapangan 2 di MTsN Mojoroto.
BAB IV

PENGALAMAN – PENGALAMAN LAIN
  Ternyata jadi guru itu berat. Setiap hari berangkat jam enam pagi pulang jam dua siang. Pagi hari ngajar di kelas, sore hari nyiapin rpp buat besok dan malam hari ngoreksi pekerjaan siswa. Tidak ada waktu untuk sekedar jalan-jalan bersama istri dan anak. Hari minggu kepikiran hari senin, hari libur kepikiran laporan PPL yang belum tentu dibaca oleh orang lain, kepikiran siswi imut yang masih dibawah umur. Kepikiran siswa-siswa yang nakal plus ramai, dan yang paling parah kepikiran besok muridku aku ajar apa ya???.

Tapi banyak hal yang aku dapat dari PPL 2 ini. Berangkat pagi mengajariku untuk selalu bangun pagi, mempersiapkan RPP mengajariku untuk selalu mempersiapkan segalanya dengan matang, memikirkan laporan PPL mengajariku untuk selalu rajin dan bertanggung jawab, memikirkan siswi manis mengajariku untuk ingat murid kita dan mendoakan mereka serta mensyukuri nikmat tuhan, mengajar siswa yang nakal dan ramai mengajariku untuk selalu menghormati guru.

Guru adalah profesi yang mulia. 

BAB V
PENUTUP

A.  Kesimpulan 
1)  Persiapan pelaksanaan praktek pengalaman lapangan meliputi:
a.  Ketrampilan membuka pelajaran
b.  Ketrampilan menjelaskan
c.  Ketrampilan mengadakan variasi
d.  Ketrampilan menutup pelajaran
2)  Pengalaman-pengalaman dalam proses kegiatan praktek pengalaman lapangan.
•  Kegiatan pengajaran
  Kegiatan pra mengajar
  Kegiatan pengajaran
3)  .Para mahasiswa dari STAIN kediri mendapatkan tugas secara bergiliran dalam pengelolaan lembaga.

B.    SARAN 
    Untuk meningkatkan kegiatan PPL mendatang dan sebagai kajian bersama utamanya terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab pada program PPL ini penulis memberikan saran sebagai berikut :
1.  Kepada rekan-rekan mahasiswa yang akan melaksanakan PPL pada tahun depan,
  Untuk bisa lebih mengerti dan memahami nama baik almamater STAIN Kediri
  Meningkatkan persiapan diri lebih maksimal dan kreatif terhadap aspek pengajaran
2.  Kepada panitia pelaksana PPL pada tahun ini :
  Untuk lebih memperhatikan kondisi mahasiswa yang ada di lapangan
  Lebih berinteraksi terhadap mahasiswa-mahasiswa yang ada di lapangan
3.  Kepada pihak sekolahan
   Hendaknya dari semua guru pamong memiliki visi, misi dan kinerja yang sama dalam menangani peserta PPL.
   Tidak terlalu membebani diluar jam mengajar.
  Hendaknya menegur langsung apabila ada kesalahan dari peserta PPL, dan tidak hanya menyembunyikannya dibelakang.
  Tidak memberikan kelas praktik dikelas 3, dikarenakan mereka focus dengan ujian. Sehingga kurang maksimalnya praktik mahasiswa di kelas karena bersamaan dengan tri out. 

LAMPIRAN-LAMPIRAN
  Pada laporan pelaksanaan mengajar ini, kami lampirkan beberapa laporan penunjang kegaiatan belajar mengajar di MTsN Mojoroto antara lain daftar pembagian guru pamong, RPP, soal ujian, Nilai ujian, dan Lampiran kunci jawaban, kemudian absensi siswa serta Jurnal kegiatan harian. 


Belum ada Komentar untuk "CONTOH LAPORAN INDIVIDU PELAKSANAAN MENGAJAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel